Menulis tanpa ide memang bisa ?? Bisa dong!!!
Hujan
Jam dinding
Otak
Handphone
Pembelajaran 

Pagi ini jam dinding menunjukan pukul 11 teng,  hujan turun deras padahal pagi tadi cuaca cukup cerah, aku duduk sendiri sambil memutar otak ku. Otak ku terus berkecamuk memikirkan uang liburan,  gaji,  masakan, tugas siswa, make up dan lain-lain,  Oh ya kadang aku kasian sama organ yang satu ini,   dia terus bekerja berputar, tanpa berhenti. Dia bekerja terus tanpa gaji dan tidak pernah protes sehingga mataku menutup dan pergi ke alam mimpi barulah dia bisa istirahat. 

Aku ingat semalam aku mendapat pembelajaran tentang menulis tanpa ide,  dari bapak Budiman Hakim dan bapak Bambang Purwanto yang bertindak sebagai moderator serta di ikuti juga oleh om Jay yang mencecar aku dengan motivasi  sehingga aku bertahan di group ini,  adalah pa Budi  memulai pembicaraan dengan membuka kata yang tak masuk di akal, menulis tanpa ide. Aneh pikirku,  Ku ikuti terus alur bicaranya , saking asyiknya kadang aku tertawa sendiri, geli sendiri. sampai Suami ku bilang,  "Mah kamu kaya orang gila ihh, ketawa sendiri senyum senyum sendiri  istigfar mah". Aku tidak merespon dalam pikiranku aku masih normal ko. Kalau saja aku gila mana mungkin dia tetap disamping ku. 

Aku melihat handphone  ku kembali Pa budi melanjutkan materi dengan memberikan contoh cerita.
Ini kutipan nya,  "kan Sering kita ngedenger orang ngomong begini, 'Gue sih mau nulis tapi belom ada ide nih.' Nah, itu keliru. Itu salah. Salah besar!!!! Perlu saya tekankan bahwa IDE ITU GAK BOLEH DITUNGGU. IDE ITU HARUS DIPANCING. Persoalannya, cara mancingnya gimana? Okay saya kasih tau. Caranya begini Coba perhatikan sekeliling kalian. Lalu tuliskan benda-benda yang kita tangkap melalui pancaindera. Kemudian gabungkan dan susun semua benda tadi menjadi satu kesatuan dalam beberapa kalimat. Dengan menuliskan apa yang ditemukan oleh pancaindera, tulisan tersebut akan berfungsi menjadi pemicu supaya ide datang.
Asep saat itu sedang berada di kamarnya dan berniat hendak menulis sesuatu.
Tapi sayangnya Kang Asep idenya lagi mandeg. Asep duduk di depan laptopnya yang sudah menyala dari tadi tapi masih saja kosong tanpa satu huruf pun di atasnya.
Asep memandang ke sekeliling kamar dan mengamati benda apa saja yang terdapat di kamarnya.
Benda-benda tersebut adalah :
1. PRINTER
2. KERTAS
3. DINDING
4. AC
5. JAM
6. LAPTOP
Setelah itu, Asep mulai mengetik. Dia menyusun kalimat yang menghubungkan semua benda tadi.
Dan beginilah hasilnya : "PRINTER warna hitam di depanku menungguiku kaku, ditemani KERTAS-KERTAS kosong  yang berserakan di sekitarnya. Aku lihat DINDING tampak pucat, barangkali kedinginan karena berjam-jam disembur AC yang begitu angkuh. JAM menunjukkan pukul 2 pagi. Tapi layar LAPTOPKU masih juga kosong. Dan hingga detik ini, tak satupun ide bergairah menghampiri."

Aku tertawa lagi.  terimakasih pa telah memberikan ilmu berharga. Ahirnya sekarang sadar ku tulis cerita ini juga TANPA IDE dan apakah ini termasuk CERPENTING tergantung  pada pembaca. 

By Wawat Purnamawati

Comments

  1. nah kan sekarang jadi bisa dan lancar dalam menulis, luar biasa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius alhamdulillah Udah ada peningkatan

      Delete
  2. Terimakasih om Jay... CERPENTING ( cerita pendek tidak penting)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog