Nama : Dr. PAIDI, S.Pd., M.TPd
T & Tgl. Lahir : Bantul, 01 Januari
1971
NIP : 197101011999031012
Pangkat/Gol : Pembina / IV. A
Jabatan :
1. Kepala SMKN 4 Kota Bengkulu;
1. Kepala SMKN 4 Kota Bengkulu;
2.
Ketua MKKS SMK Kota Bengkulu;
3.
Ketua MKKS SMK Provinsi Bengkulu.
Alamat : Jln. Timur Indah V No. 39 RT. 19 Kelurahan Sidomulyo Kota Bengkulu 382 HP: 082306325497, 081539320222 Surel : paidi1971@gmail.com
Pada kesempatan ini beliau berbagi pengetahuan tetang cara
mendesain buku pembelajaran. Teknik dan pendekatan yang digunakan adalah mengacu pada tokoh fenomenal bidang
desain pembelajaran yaitu Prof Dr. Atwi
Suparman (mantan rektor UT) dan Dick & Carrey.
Secara umum dalam
mendesain pembelajaran dan sekaligus menghasilkan bahan pembelajaran secara
ilmiah dpt diliat pada bagan berikut ini.
Bahan lengkapnya ada pada ppt di atas
Menurut beliau secara
umum proses perancangan desain pembelajaran terdiri dari 11 langkah sebagai
berikut:
1. Kita perlu mendapatkan data dan informasi guna
mendapatkan masukan dari siswa/pengguna. atas materi yang dianggap sulit atau perlu dipelajari
lebih lanjut
2. Berdsarkan data yg di dapat dari langkah 1
selanjutnya kita perlu membuat identifikasi kebutuhan
peserta didik terhadap mata pelajaran / bahan yng akan kita rancang.
3 Berdasarkan data langkah 2 selanjutnya kita
mulai membuat analisis
instruksional/pembelajaran mata pelajaran
yang akan kita rancang4 4.Seorang perancang perlu mendapatkan gambaran
karakteristik peserta didik yang akan menjkadi target atau pemakai buku yg kita
rancang
5 . Membuat rumusan tujuan instruksional khusus
(penggunaan istilah instruksional disini berdasarkan sumber asli yg di karang
oleh Dick & Carrey yaitu instructional)
6. Melakukan penyusunan TES
7. Membuat perencanaan strategi
instruksional/pembelajaran yang akan digunakan (dalam hal ini sy merancang pembelajaran secara blended
learning)
8 . Mengembangkan dan memilih bahan instruksional.
Bahan pembelajaran yang dirancang dapat dibedakan menjadi 2 yaitu bahan
tercetak dan bahan online. Dalam hal perancangan bahan pembelajaran (Buku)
dapat digunakan teori Rothwel dan untuk bahan online bisa menggunakan teori
hannafin)
9 . setelah draft bahan tersedia (langkah 8)
selanjutnya perlu dilakukan evaluasi formatif
sbb:
1. one-to-one expert dengan melibatkan 4 orang pakar
(pakar Desain, pakar Media, pakar Materi,
pakar bahasa);
2. One-to-one learner (melibatkan 3 orang siswa yang
berasark dari siswa peringkat atas, menengah dan bawah)
3. Evaluasi
Small group (melibatkan sekitar 9 siswa yang berasakl dari kelompok, menengah
dan bawah)
4. Field
trial yaitu tahap uji coba luas dengan melibatkan siswa sekitar 30 siswa yang berasal dari kelompokl Atas, menengah
dan bawah. Setiap tahapan muai evaluasi one-to-one, evaluasi small group akan
menghasilkan namanya draft bahan pembelajaran dan setelah field trial baru
dinamakan prototipe bahan pembelajaran.
10. Khusus untuk langkah yng terakhir Evaluasi Sumatif sifatnya tidak harus dilakukan dalam proses desain pembelajaran karena harus dilakukan oleh pihak lain.
11. Sedangkan untuk buku pembelajaran yang dirancang untuk keperluan penerbit bisanya pihak penerbit sudah mempunyai format/standar tertentu. Sehingga jika penulis ingin memasukkan buku agar bisa diterbitkan oleh penerbit maka format yg digunakan harus mengacu kepada format yang digunakan oleh penerbit.
11. Sedangkan untuk buku pembelajaran yang dirancang untuk keperluan penerbit bisanya pihak penerbit sudah mempunyai format/standar tertentu. Sehingga jika penulis ingin memasukkan buku agar bisa diterbitkan oleh penerbit maka format yg digunakan harus mengacu kepada format yang digunakan oleh penerbit.
Kalimat penutup
Demikian sekilas cara mendesain bahan pembelajaran yang
secara ilmiah dapat dipertanggungjawaban, insyallah jika tahapan di atas dilakukan
secara benar maka tidak akan terjadi kasus salah gambar dll sebagaimana dahulu
pernah terjadi di buku2 yang beredar di lingkup dikbud khususnya jenjang
sekolah dasar.
Sesi tanya jawab
moderator oleh Mr. Bams
Bila selesai menjawab tulis huruf N di baris chat terakhir
Pa Paidi, maaf siap ?
Bagi penanya silahkan japri ke saya
P1
Assalamualaikum..selamt sore menjelang siang pak Paidi mau
tanya :
1.Setelah meliht dan memahmi PPT, Elearning SMK Bengkulu,
saya berasumsi bahwa itu adalah desain beljr utk program sekolh Afirmasi dan mirip classroom kira2 tangapan bpk
seperti apa?
2.Tolong beritahu kami cara praktis mendesain pembelajaran
seperti SMKN Bengkulu?
Atas jawabnya terims
bany Andy
Muhtadin -Beltim-Babel
Silahkan pa
siap pak, sy jawab satu persatu ya
Silahkan pa
ikutan yuuuk? Live IG. di akun @Asep_Herna
Sambil nunggu pa Paidi menjawab pertanyaan, silahkan yang
akan mengajukan pertanyaan japri saja ke 088809405468
Terimakasih Mas Andi (Babel), utk pertanyaan 1, kebetulan sy
pernah merancangkan sebuah desain pembelajaran utk SMKN 1 Bkl, dimana waktu itu
pihak sekolah kesulitan untuk mencari pola pembelajaran untk siswanya yg
melaksanakan di industri sekitar 6 bulan, maka sy buatkan sebuah konsep namanya
blended learning dan alhamdulilah bisa digunakan dengan media yg dipakai siswa
dan guru kala itu adalah Handphone. Praktek pembelajarannya memang menggabngkan
antara pembelajaran di classroom dengan online [N];
2. Untuk cara praktisnya
sepertinya bisa mas Andy ikuti alur yg ada di slide no. 7 ttg Pengembangan
Blended Learning Berbasis Handphone (BLISH)......[N]
P2
Silahkan pak
Assalamualaikum pak Paidi ... kenalkan nama saya Rasita dari
Kab Mukomuko Bengkulu tugas di SDN 16 Penarik
Pertanyaannya:
untuk langkah yg ke 9 mencari pakarnya agak susah di daerah
bagai mana mengatasinya, apa lagi kami dari SD agak terbatas kemampuan serta
personilnya.
Terima kasih
Untuk pertanyaan mbak Rasita, alhamdulilah utk pakar yg
dimaksud Prodi S2 Teknologi Pendidikan
Unib sudah banyak mbak yang bisa, dengan syarat ybs sudah mencapai kualifikasi
S3/Doktor (Pendapat Sugiyono dalam Bukunya R&D) atau juga di kampus atau
lembaga lain juga bisa selagi sudah ada bukti kepakarannya mbak.[N]
P3
Assalamualaikum Wr.Wb. Selamat Sore Pak Dr. Paidi,
Perkenalkan saya Supyanto dari Kota Bekasi, mohon penjelasan dalam desain
Instruksional itu mengenal ada tes formatif dan sumatif. Apa bedanya?
Silahkan pa
Untuk pertanyaan mas Supyanto, yang dimaksud TES Formatif
disini adalah tes yang dibuat (modelnya bisa multiple choice, Essay dll) atas
materi yang ada di bahan pembelajaran. Tes ini dibuat oleh si perancang buku
yng sebeluamnya telah melalui telaah oleh pakar dan uji validitas maupun
reabilitasnya. Sedangkan Tes Sumatif dalam konsep desain ini adalah penilaian
oleh lembaga lain (eksternal) atas kelayakan bahan yang dibuat oleh si
Perancang buku tsb. [N]
P4
Selamat siang Pak Paidi.. kalau boleh tau apa nama aplikasi
e learning nya. Kayaknya keren banget.
Ridwan Nurhadi
Silahkan pa ππ
software yang pernah sy untuk e-learning tersebut
menggunakan moodle, murah meriah pak karena sifatnya open source. Tapi saat ini
tidak bisa masuk lagi link tersebut karena sudah sy serahkan ke pihak SMKN 1
Kota Bengkulu. Jika mas Ridwan ingin melihat lebih jauh isinya nanti sy coba
mintakan sama pihak SMKN 1, jika sdah ada hasilnya sy sampaikan kepada om Jay
[N]
P5
Ass wr wb
Sy Bu Iez dari Lumajng
Bertanya apakah langkah2 mendesain cara mengembangkannya sama
dg model dick and Carry ya
Terima kasih
Betul mbak Iez, karena sy jg menggunakan model Dick &
Carrey
Namun mbak Iez juga bisa mengkombinasikan dengan teori/model
lain seperti pada langkah 8 selagi sesuai dengan karakteristik bahan
pembelajarannya [N]
Tanya yg kedua: yang di maksd dg Research versi
penerbit ini apakah blended learning yg
dimaksd Bapak
Silahkan pa ππ
Silahkan pa ππ
heeee bukan, kalau Versi penerbit biasanya ini ada kebutuhan
tertentu yang di tetapkan oleh penerbit karena menyangkut utk keuntungan
penjualan dll
Pihak penerbit biasanya sudah punyak team editor sendiri,
seperti yang pernah sy lakukan untuk memperbaiki draft buku di Penerbit Salemba
IV - Jakarta, sehingga buku tsb bisa dicetak/diterbitkan oleh Salemba IV [N]
P6
Assalamualaikum saya ika s. Dari tangerang , boleh
dijelaskan mengenai teori rothwel dan teori hannafin pada langkah ke 8
dalam.mendesain pembelajaran
Silahkan pa ππ
Tidak, blended learnin itu sebuah model pembelajaran,
sedangkan yg sy masukd Reseacrh versi penerbit ini lebih pada aturan tata cara
pengetikan seperti desain cover, isi dll yang diberlakukan oleh penerbit jika
buku tsb dicetak oleh Penerbit [N]
P7
Slmt siang pak Paidi,terimakasih penjelasannya,apakah
rancangan pebelajaran seoerti ini bisa untuk sd,sedangkan guru di sd mengajar seluruh mata pelajaran kecuali
Agama dan PJOK.bagaimana tekni prnyederhanaannya?
Terimakasih, Lusia ,Curup.
Silahkan pa ππ
Utk pertanyaan mbak Ika, Maaf sy ada salah tulis tadi Teori
Rowntre itu adalah cara-cara untuk membuat buku yg sifatnya tercetak. Dan
Hannafin itu untuk merancang bahan yang non cetak alias online. Untuk teknisnya
nanti sy kirimkan e-booknya ya[N]
P8
Assalaamu'alaikum pak paidi...setelah membaca semua materi
yg berisi langkah pembuatan design pembelajaran saya masih belum bisa
membayangkan hasil akhirnya. Yg ingin says tanyakan bagaimana bentuk hasil
design pembelajarannya, apakah menjadi sebuah buku atau yg lainnya? Bagaimana
cara penerapan hasil design pembelajaran tadi ke siswa? Terima kasih. Sri
indayani Lamongan
Silahkan pa ππ
Silahkan pa ππ
Untuk mbak Lusia, pada prinsipnya Desain pembelajaran itu
bisa untuk semua mata pelajarannya, yag membedakannya terletak pada isi
pelajarannya [N]
Untuk mbak Sri, kelebihan desain pembelajaran ini adalah
akan mengasilkan buku pembelajaran yang bisa dijamin kebenaranya selagi prosedur
dikerjakan dengan benar. Kelebihan lain juga desain pembelajaran ini akan
dilengkapi dengan instrumen pendukungnya termasuk model pembelajarannya sudah ditentukan [N]
P9
Assalamualaikum pak,,saya Noralia Semarang.
Ijin bertanya,saya pernah melakukan penelitian R&D untuk
tesis saya dulu, saya mengambil judul pengembangan modul pembelajaran. Dan itu
saya penelitian hingga menjadi produk akhir yang bagus bisa sampai 6 bulan,
padahal hanya untuk 1 bab materi ajar karena beberapa kali diujikan ke kelas besar shg dapat prototipe
produk yang bagus.
pertanyaan saya,,untuk pengembangan bahan ajar seperti yang
bapak laksanakan yg menghasilkan produk buku ajar untuk 1 tahun pelajaran,
butuh berapa lama pak penelitiannya?
2. Apakah tiap bab materi ajar di buku ajar yang
dikembangkan harus diujikan di kelas besar atau hanya kita ambil sampel salah
satu materi ajar saja?
Terima kasih
Untuk mbak Noralia, 1. waktu yang dibutuhkan untuk 1 buku /tahun sy butuh waktu antara 6
sampai 10 bulan itupun sy sambil nyambi mbak heeee. Jika focus utk desain buku
saja 6 bulan itu insyallah sudah selesai; 2. Iya betul setiap bab harus
diujikan untuk tahap Small group dan Field trial [N]
P10
Ass,saya Bu Dede dari SLB AB Kemala Bhayangkari 2 gresik
Jika mengacu kepada keterangan terahir yg ttg buku yg d
rancang untuk keperluan penerbit, penerbit sdh mempunyai format sendiri mohon
arahan
Berkenaan dengan buku yg akan saya buat subjeknya ABK
Lalu untuk uji coba seperti tahapan d atas apa memungkinkan
Silahkan pa ππ
Untuk mbak Dede, Betul mbak, penerbit sudah mempunyai Format
tersendiri versi penerbit, si penuli tinggal mengikuti outline. Contohny sy
mendapatkan amanat dari penerbit erlangga untuk membuat buku-buku SMK dengan
outline sudah ditentukan pihak Erlangga. Mbak Dede maaf singaktan dari apa ya
ABK? π
Anak Bermebutuhan Khusus
selagi bahan/materi buku masih dalam lingkup di SLB,
silahkan dicobakan menggunakan alus desain sebagaimana tersebut pada slite 7.
SLB [N]
P11
Assalammu'alaikum, Pak, saya Bu Budi dari Gresik
Mau bertanya
Berapakah jumlah halaman yang dipersyaratkan bila membuat
buku ini ?
Silahkan pa ππ
Tidak ada persyaratan minimal jumlah halamannya. Yang pasti
buku tsb sudah mencakup semua materi hasil analisis pada langkah 3 dan 5, [N]
Apakah boleh mereka japri ke bapa ?
Minta tlg di rekap saja pak Bambang dan disatukan, insyallah
nanti sy jawab satu persatu ya pak, jgn di japri sebab saat ini sy sdang
mengasih 250 mahasiswa UT, nanti takut tidak terbaca, Mohon maaf ya pak
Ok terima kasih bapak
Luar biasa siang jelang sore ini
tlg kirim ke email : paidi1971@gmail.com nanti jawabanny say
kirim ke pak Bambang atau om Jay
Siap nanti saya kirim pa
Penutup barangkali bapak ada yang ingin disampaikan ππ
Oh iya bapak/Ibu mohon maaf belum bisa menjawab semua
pertanyaan saat ini, mohon bantuan pak Bambang utk dicatat dan kirimkan ke
email, Insyallah nanti jawabannya saya kirim. Silahkan bapak/Ibu dicoba
merancang desain pembelajarannya jika ada pertanyaan bisa dikirim ke email:
paidi1971@gmail.com [N]
Alhamdulillah
Pembelajaran kali ini sudah selesai, saya MrBamS mohon maaf
apabila ada hal yang kurang berkenan.
Saya undur pamit, silahkan Om Jay
jangan lupa like,share and komen nyah
ReplyDelete