Uang
Ada banyak cerita bila kita sudah bicara tentang uang, semua orang  sibuk hanya untuk mengumpulkan benda ini, semua bercibaku sibuk hanya untuk mendapatkan secarik uang kertas yang bernilai paling tinggi diantara nilai uang yang lain. Berbagai profesi dijalani dari tukang sayur, tukang beca, tukang sembako, karyawan, guru, dokter,  polisi,  ojol,  semua berlomba hanya untuk mengumpulkan kan uang. 

Satu hari ada orangtua yang hidup ditengah hutan dia sengaja pergi dari keluarganya dari kehidupan yang hingar bingar dan dia berkata cukup sudah aku menuhankan uang selama ini, aku tidak ingin tertipu lagi,  sekarang aku telah menemukan tuhan sesungguhnya yang membuat aku tenang.
Aku sendiri hanya diam memperhatikan smua ocehan nya, banyak pertanyaan terlintas didalam pikiranku apa yang telah terjadi dengan orang dihadapan ku.  Sampai dia sangat menyesali perbuatan nya. Mengapa dia mau tinggal di rumah reot ditengah hutan belantara. Mengapa dia meninggalkan keluarga nya dan hidup ditengah hutan yang jauh dari keramaian.
Hari mulai senja dia betulkan kopiah dan sarung nya lalu berpamitan untuk pulang ke istana nya. "permisi saya solat dulu ucapnya.

Semenjak itu aku selalu ingat orang itu ada banyak pembelajaran yang kudapat dari pertemuan dengan orangtua itu.  Tapi yang harus ku ingat dari orangtua itu adalah uang jangan dijadikan tujuan utama dalam hidup. Karena kalau itu terjadi aku akan sama penyesalan nya dengan orangtua itu.

By Wawat Purnamawati, 3 April 2020

Comments

Popular posts from this blog